Batam

PT. Rock International Tobacco PHK Puluhan Karyawan Permanennya

WAJAHBATAM.ID – 04/08/2020 | Puluhan karyawan PT. Rock International Tobacco mendatangi tempat mereka bekerja untuk memohon kebijaksanaan kepada pihak perusahaan yang telah melakukan PHK sepihak terhadap karyawannya.

Menurut Heri, salah satu karyawan bidang produksi mengatakan bahwa PHK sepihak di lakukan tanpa adanya mediasi dari Disnaker. Ketika kru media ini mengkonfirmasikan Heri mengatakan bahwa melalui WhatsApp kepada seluruh karyawan bahwa untuk sementara pihak perusahaan tidak produksi lagi (03/7-2020).

Setelah pemberitahuan tersebut, pada tanggal (29/07) perusahaan mengundang seluruh karyawan berkumpul kembali untuk menyerahkan surat PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) kepada seluruh karyawannya.

Kehadiran seluruh karyawan pada hari ini adalah dalam rangka penyelesaian melalui Tripartit yang dihadiri Kadisnaker Rudi Sakyakirti dan perwakilan BP Batam, Selasa (3/7).

Saat kejadian ini berlangsung, pihak perusahaan melarang media memasuki kawasannya dan menurut pantauan dilapangan pihak perusahaan melakukan pagar betis yang diduga bukan oleh Sekurity resmi.

Kadisnaker Batam saat dijumpai langsung setelah perundingan selesai megatakan, “Apa yang dilakukan perusahaan ini tidak sesuai dengan aturan dan Saya memintabpada perusahaan agar pihak perusahaan dapat memberikan laluan kepada karyawan untuk merundingkan permasalahan ini dengan baik”, ujar Rudi Sakyakirti. SH

Harapan para karyawan agar pihak pemerintah dapat menyelesaikan dan membantu para karyawan dalam mendapatkan haknya sesuai UU nomo 13 tahun 2003, demikian salah satu karyawan mengucapkan pada media WB.

Sampai berita ini diterbitkan, WB belum mendapatkan konfirmasi resmi dari pihak perusahaan. (shd)

About Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *