BatamBerita UtamaNasional

Kenali Perbedaan SPBU Merah, Biru dan Hijau Biar Ngak Salah Masuk

Wajahbatam.id| Nasional –  SPBU (Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum) Pertamina sekarang tak hanya memiliki warna merah dan biru, tapi ada juga warna hijau. Perbedaanya bukan hanya dilihat dari warna SPBU saja, melainkan juga kelengkapan pelayanan.

Lantas apa perbedaan warna papan SPBU Pertamina tersebut? Yuk simak penjelasan perbedaan SPBU merah, biru dan hijau berikut ini.

Warna Papan SPBU Pertamina
SPBU dengan papan warna merah adalah SPBU Pasti Pas, sedangkan warna biru berarti SPBU Pasti Prima serta warna hijau adalah Green Energy Station (GES).

SPBU warna biru
SPBU Prima (biru) merupakan pengembangan dari SPBU Pasti Pas (merah) yang sudah ada sejak 2006. Fasilitas yang disediakan SPBU biru lebih lengkap seperti adanya ATM, bengkel, tenant makanan, jasa cuci kendaraan, penjualan pelumas dan elpisi serta restoran cepat saji.

SPBU warna merah
Beda dari SPBU Prima, fasilitas yang ada di SPBU merah tak selengkap SPBU warna biru. SPBU Pasti Pas biasanya hanya terdiri toilet, tempat ibadah, isi angin dan minimarket.

SPBU warna hijau
Terakhir ada SPBU warna hijau yang merupakan konsep baru dari Pertamina. SPBU ini memiliki layanan terintegrasi bagi masyarakat konsumen di SPBU Pertamina dengan 4 konsep utama, yaitu Green, Future, Digital dan High Tier Fuel.

SPBU hijau ini merupakan komitmen Pertamina dalam mendukung Green Energy Station (GES) yang telah ditetapkan Pemerintah khususnya  program transisi dan operasional yang lebih ramah lingkungan. Tujuan dibuat SPBU dengan konsep ramah lingkungan ini adalah untuk mempercepat peralihan dari energi fosil ke energi ramah lingkungan.

Adapun konsep Green tersebut terkait penggunaan Solar Photo Voltaic (PV) atau pembangkit listrik tenaga surga (PLTS) sebagai salah satu sumber energi mandiri dan ramah lingkungan di SPBU warna hijau. Konsep Future menawarkan layanan baru bernama Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU).

Sementara itu konsep Digital dan High Tier Fuel menjelaskan bahwa digitalisasi dan edukasi berkelanjutan tentang bahan bakar berkualitas yakni Pertamax Series dan Dex Series sehingga tidak menjual Premium dan Solar.  (Suara)

About Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *