Batam

SPAM Berkomitmen Menjaga Ekosistem Tangkapan Air

Wajahbatam | Batam – Air merupakan sumber kehidupan kita sehari hari. Kita semua sepakat jika ada pendapat yang mengatakan bahwa air merupakan barang kebutuhan yang sifatnya ultraesensial, yang berarti air tidak bisa digantikan oleh barang lain (nonsubstitution good). Dalam kenyataannya sekarang ini di Batam, SPAM menjaga ekosistem tangkapan air tetap terjaga sebagai antisipasi dan menjadi potensi kerusakan di masa mendatang.

Undang Undang Nomor 7 Tahun 2004 tentang Sumber Daya Air menyatakan bahwa sumber daya air adalah air, sumber air, dan daya air yang terkandung di dalamnya. Air adalah semua air yang terdapat pada, di atas, ataupun di bawah permukaan tanah, termasuk dalam pengertian ini air  permukaan, air tanah, air hujan, dan air laut yang berada di darat.

Kota Batam saat ini mengalami perkembangan aktivitas yang semakin padat. Pertumbuhan kawasan-kawasan terbangun dan berkurangnya kawasan konservasi, serta perubahan tata guna lahan dari hutan menjadi lahan-lahan perumahan menjadikan kebutuhan air semakin meningkat, sedangkan kawasan recharge air semakin menurun jumlahnya. Penanganan permasalahan sektor sumberdaya air ke depan apabila tidak segera dilakukan dapat berdampak pada terganggunya aktivitas dan kesejahteraan manusia, sehingga ke depan memerlukan penanganan yang komprehensif.

Pada akhirnya harus menjadi bahan renungan kita bersama bahwa pengelolaan air harus dan akan menjadi salah satu prioritas bagi semua pihak dalam menjaga keberlangsungan kehidupan di masa mendatang. Dengan 5(lima) aspek pengelolaan sumber daya air, yaitu konservasi, pendayagunaan, pengendalian daya rusak, sitem informasi dan pemberdayaan optimisme terhadap  pemenuhan kebutuhan air di masa mendatang akan dapat teratasi. Keterlibatan masyarakat dalam pengelolaan SDA perlu terus ditingkatkan, agar masyarakat lebih merasa memiliki selanjut-nya merawat dan melestarikannya. (Red)

About Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *