BatamBerita

Peringati Tahun Baru Islam 1445 H, BKDI BP Batam Launching Tabungan Qurban

 

Dalam rangka memperingati Tahun Baru Islam 1445 H, Badan Koordinasi Dakwah Islam (BKDI) BP Batam meluncurkan program Tabungan Qurban yang bekerja sama dengan Bank BTN Syariah bertempat di Balairung Sari BP Batam, Rabu (26/07/23).

Peringatan tahun baru Islam 1 Muharam 1445 H/2023 M mengusung tema “Semangat Hijrah untuk Hidup yang lebih baik”.

Anggota Bidang Administrasi dan Keuangan BP Batam, Wahjoe Triwidijo Koentjoro mengatakan tabungan qurban ini bertujuan untuk mempermudah karyawan BP Batam dalam melaksanakan ibadah qurban setiap tahunnya.

“Dengan jumlah karyawan Muslim sebanyak 1.900 orang, saya berharap minimal 10-20% akan ikut serta dalam program ini,” katanya.

Lebih lanjut, Ia mengatakan tabungan qurban ini memberikan kebebasan bagi peserta dalam menentukan besaran setoran dan waktu penyetorannya.

Selain itu, peserta qurban juga mendapat kebebasan untuk menentukan penyelenggaraan ibadah qurbannya pada Bulan Zulhijjah.

“Beberapa opsi yang disediakan BKDI BP Batam, yaitu pengadaan dan penyembelihan hewan qurban dilaksanakan oleh BKDI BP Batam,” katanya.

Lebih lanjut, Ia menyampaikan alternatif lainnya, yakni pengadaan hewan qurban dilaksanakan oleh BKDI BP Batam, namun penyembelihan hewan qurban dilaksanakan sendiri oleh peserta (dikirim ke masjid yang ditunjuk peserta, dengan syarat berada di wilayah Batam).

“Tak hanya itu, opsi lain juga dapat dilakukan pengadaan dan penyembelihan hewan qurban oleh peserta tabungan qurban (pada awal Zulhijjah, uang tabungan akan disetorkan kembali ke peserta qurban),” tambahnya.

Program tabungan qurban ini tidak hanya berfokus pada kebutuhan karyawan, tetapi juga mengedepankan nilai sosial.

“Qurban yang akan diperoleh dari tabungan ini, akan disalurkan kepada penerima yang membutuhkan. Seperti petugas kebersihan dan tenaga outsourcing BP Batam, kaum dhuafa di sekitar Kantor BP Batam, serta wilayah yang memang kekurangan di Kota Batam dan sekitarnya,” katanya.

Ia berharap, kerjasama antara BKDI BP Batam dengan Bank BTN Syariah dalam penyelenggaraan Tabungan Qurban berjalan dengan lancar.

Acara peluncuran tabungan qurban ini juga menjadi momen berbagi dengan memberikan santunan kepada 70 anak yatim/dhuafa.

BKDI BP Batam turut mengundang Ustadz Cahyadi Anugerah Batubara dan Ustadz Yusuf Subhan sebagai pembicara dalam mengisi tausiah dan dakwah.

Batam, 26 Juli 2023

About Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *