Connect with us

Batam

IMH Dipenjara: Diduga Gara-gara Ibadah Sholat, Manager Gelper Laporkan Kasirnya Dengan Tuduhan Pencurian

Published

on

0 0
Read Time:4 Minute, 31 Second

Gara-gara laksanakan ibadah sholat yang hanya lima menit, IMH diduga dipersekusi dengan tuduhan pencurian dan penggelapan. Gema Minang akan kawal dan lakukan aksi damai penutupan gelper se Kota Batam, serta meminta Kapolsek Batu Aji Batam dicopot dari jabatannya.

 

WAJAHBATAM.ID – 1/1/2020 | Kasir tempat sebuah hiburan (Gelper) Merlion Spurgame ruko Merlion Square Tjg Uncang (IMH) dilaporkan managernya ke Polsek Batu Aji Batam dengan tuduhan penggelapan dua slop rokok yang juga belum dapat pembuktiannya. Kejadian tersebut dibuktikan dengan rekaman CCTV yang diserahkan pelapor berinisial C’ ke penyidik kepolisian berinisial A’ sekitar bulan Oktober 2019 lalu (Red).

Keluarga IMH yang mengetahui kejadian ini dari Palembang serta merta datang ke Batam mengurus anak gadisnya yang sudah dua bulan ditahan dan setelah mengetahui kronologis penangkapan anaknya Keluarga IMH menduga anak mereka dijebloskan ke tahanan akibat BAP rekayasa yang dilakukan oleh penyidik yang saat itu tidak mengakui perbuatannya. Dengan bujuk rayu A’ dengan iming-iming akan mempermudah urusannya agar tidak bermasalah dengan hukum, IMH dwngan kebutaan hukum menandatangani BAP yang sudah diajarkan padanya.

Menurut pihak keluarga, awalnya terjadi pertengkaran antara IMH’ dengan managernya C’ saat itu IMH’ dilarang melakukan ibadah sholat. Kejadian yang menimbulkan kericuhan tersebut menjadi lebih besar karena semua karyawan hingga sekuriti melakukan pembelaan pada IMH’ yang saat kejadian itu nyaris terjadi pengeroyokan pada sang manager gelper C’.

Dua hari setelah kehebohan itu, saat IMH’ melakukan aktifitas kerjanya, tanpa ada berita apapun, IMH didatangi oknum polisi menjemput IMH dan membawanya ke Polsek Batu Aji yang diduga tanpa surat panggilan. Menurut IMH’ saat itu dia dilaporkan managernya C’ mencuri uang sejumlah 20 juta. Karena hari itu tidak dapat dibuktikan, maka IMH’ dibebaskan.

Karena merasa terzalimi, esok harinya IMH mendatangi Polsek Batu Aji meminta klarifikasi atas penjemputannya kemarin, dan kedatangannya ternyata mengakibatkan IMH ditahan dengan tuduhan penggelapan dua bungkus rokok, demikian keterangan keluarga kepada media Wajah Batam (WB).

Tujuan mempertanyakan penjemputannya yang berakibat penahanan dirinya, akhirnya menjadi petaka bagi IMH’ karena dia diinterogasi hingga kelelahan (saat itu sampai pukul 24.00 wib). Dalam kondisi tertekan dan terpojok dan tanpa mengerti permasalahannya, IMH berharap dapat kembali pulang dengan harapan lolos dari tuduhan palsu tersebut, dalam kondisi tersebut IMH akhirnya dirayu agar bersedia menandatangani BAP yang isinya sesuai arahan penyidik C’ (rekayasa) yang saat itu membuat pengakuan fiktif dengan mengakui telah menggelapkan uang sekitar 750 ribu rupiah (awal tuduhan 20 juta) dengan iming-iming hal tersebut tidak akan mempersulit proses penyelesaian permasalahan yang dihadapinya, yang akhirnya IMH ditahan sejak dua bulan lalu setelah kejadian tersebut.

Setelah dua bulan berlalu, pihak keluarga yang merasa putus asa, mencoba meminta bantuan kepada organisasi Gema Minang Batam, dan dalam proses mediasi yang dilakukan, ternyata proses tersebut telah P21 yang sudah sampai ke kejaksaan. Hingga pihak keluarga yang merasa sudah terlambat meminta kasus itu dilanjutkan sampai proses hukum sebenarnya berjalan.

GEMA MINANG AKAN LAKUKAN AKSI TUTUP GELPER DAN AKAN SURATI DPRD BATAM

Ketua Gema Minang Batam, Antoni Lendra yang diminta bantuan oleh keluarga merasa ada keanehan dalam penahanan IMH’ mengatakan bahwa “Pihak kepolisian hendaknya jujur dalam menangani permasalahan masyarakat, dan mempelajari kasus ini maka kami dari Gema Minang yang merasa IMH’ adalah keluarga kami yang berasal dari Minang tidak menerima dan meminta Kapolda hingga Kapolres meninjau BAP yang sudah P21 tersebut. Kami juga mendesak instansi terkait menutup secara total semua Gelper yang ada di Kota Batam, karena kami menduga jajaran-jajaran tertentu telah menjadi alat kesewenangan para pengusaha-pengusaha perjudian itu”, katanya.

Lebih lanjut Antoni Lendra mengatakan, “Atas nama organisasi kami akan mengawal serta segera menyurati Polresta Barelang untuk memberitahukan aksi damai “Tutup Total Gelper” dikota Batam, sesuai juga dengan fatwa MUI Batam yang pernah ditayangkan oleh media Wajah Batam beberapa bulan lalu sebelum pemilu 2019 lalu, dan MUI akan mengambil langkah lanjutan setelah pemilu lalu tersebut” demikian Boni, panggilan akrab Ketua Gema Minang Batam.

Menyikapi hal ini juga, Boni menyatakan bahwa Gema Minang Mendesak Kapolresta Batam mencopot Kapolsek Batu Aji karena tidak profesional dalam penanganan masalah hukum yang ada diwilayah hukumnya. Serta menuntut Pemko Batam segera mencabut perizinan gelper yang selama ini terkesan ada unsur pembiaran.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Hariam Gema Minang Amri Piliang mengatakan bahwa ” Dalam kasus ini, sesuai instruksi Ketua Umum Gema Minang akan segera melaksanakan tugas organisasi dan kemasyarakatan. Amri Piliang dalam hal ini telah ditugaskan memimpin aksi yang akan diselenggarakan dalam waktu dekat. Amri juga menyatakan bahwa sudah saatnya tanah Melayu ini terlepas dari unsur-unsur perjudian yang banyak mudarat daripada manfaatnya dan meminta aparat kepolisian mengambil langkah hukum atas kasus BAP fiktif ini, demikian Amri mwngatakan kepada WB via teleponnya.

Pendiri Gema Minang, Allan Suharsad membenarkan hal tersebut dan mengatakan bahwa pihak keluarga telah mendatanginya. Allan nama akrab tokoh Minang juga mengatakan sangat mendukung rencana aksi yang akan dilakukan Gema Minang dan siap turun dalam aksi damai menuntut  penutupan serta pencabutan izin gelper yang selama ini menurutnya selalu terkesan jadi permainan psikokogi sosial ditengah masyarakat yang selalu memunculkan kesenjangan sosial dalam penanganan-penanganan masalah hukum dalam bidang permainan ketangkasan (judi) ini.

Allan Suharsad kembali mengatakan bahwa ia sangat paham sekali kenyataan dilapangan, dimana sangat banyak oknum aparat telah merusak nama baik institusinya dannjadi lahan “uang saku” para oknum LSM, Media dan lainnya tanpa ada tindak lanjut dan pembiaran nyata dari aspirasi yang disampaikan masyarakat selama ini, bahkan MUI yang merupakan organisasi Islam terbesar di NKRI ini sekalipun, lanjutnya.

C’ dan A’ yang dihubungi WB via WhatsApp dan SMS nya hingga saat ini belum memberi tanggapan dan akan menerbitkan klarifikasi setelah tanggapannya disampaikan kepada media ini.

Happy
0 0 %
Sad
0 0 %
Excited
0 0 %
Sleepy
0 0 %
Angry
0 0 %
Surprise
0 0 %

Batam

Siswa/i SMKN 004 Batam Kunjungi Kantor IPAL Batam Centre

Published

on

By

0 0
Read Time:29 Second

WAJAHBATAM.CO.IDFaslingbpbatam – Siswa/i SMKN 004 Batam melakukan kunjungan edukasi tentang pengelolaan Limbah Domestik di Kantor IPAL Batam Centre, Selasa (24/05/2022).

Kehadiran para Siswa/i ini dalam rangka mempelajari proses pengolahan Limbah Domestik, dan Siswa/i juga diberikan edukasi tentang pentingnya mencegah pencemaran Limbah Domestik di lingkungan sekitar agar lingkungan dimasa depan tetap terjaga dengan baik dan sehat.

Dalam kunjungan ini, para siswa disambut dan dilayani dengan ramah oleh para staff kantor IPAL, terlihat staff yang hadir dan memberi arahan diantaranya Jono, David dan Leo.

#bpbatam
#bpbatamsiapmelayani#ipalbatam#WWTP#smkbisa#smkbisasmkhebat#batam#indonesia

Happy
0 0 %
Sad
0 0 %
Excited
0 0 %
Sleepy
0 0 %
Angry
0 0 %
Surprise
0 0 %
Continue Reading

Batam

Pembangunan IPAL BP Batam Atasi Air Tanah Bersih Dari Limbah Air Tinja

Published

on

By

0 0
Read Time:1 Minute, 16 Second

Wajahbatam.id | Batam – Pembangunan Instalasi Pengolagan Air Limbah Domestik (IPAL) oleh BP Batam yang saat ini sudah rampung di 2 wilayah Bengkong dan Batam Centre bertujuan untuk menyelamatkan generasi Kota Batam dari pencemaran lingkungan khususnya air tanah yang sangat dibutuhkan untuk sumber kehidupan berkelanjutan.

Air limbah cair yang berasal dari hasil pembuangan manusia (tinja) merupakan limbah yang dapat dianggap berbahaya untuk kelestarian sumber air yang akan dimanfaatkan manusia dan hewan sebagai kebutuhan dasar untuk kelangsungan hidup jangka panjang.

Air yang tercemar tinja manusia bisa memicu 2 jenis penyakit, yakni water borne disease yang dipicu oleh air yang diminum seperti diare, kolera dan disentri. Sedangkan water washed disease yang dipicu oleh air untuk mandi dan mencuci pakaian , seperti terjadinya infeksi kulit.

Dampak air limbah tinja terhadap kehidupan biota dan tumbuhan juga sangat berpengaruh karena memiliki kandungan zat pencemar pada limbah tinja yang dapat menyebabkan menurunnya kadar oksigen terlarut dalam air yang mengakibatkan kehidupan dalam air yang membutuhkan oksigen terganggu serta mengurangi perkembangannya, dannl lebih fatalnya lagi dapat mengakibatkan kematian karena adanya zat beracun dalam dapat tinja sebagai penyebab kerusakan pada tanaman dan tumbuhan air. Hal itu dapat mengakibatkan matinya bakteri, sehingga proses penjernihan air secara alamiah jadi terhambat.

“Dalam mengantisipasi hal tersebut, BP Batam telah berusaha semaksimalnya melakukan antisipasi untuk jangka panjang, hingga saat ini telah berhasil membangun 2 Instalasi Pengolahan Air Limbah dari 7 instalasi yang direncanakan untuk seluruh Kota Batam”, demikian keterangan Iyus Rusmana yang disampaikan kepada Wajah Batam saat dijumpai di seputaran Batam Centre. (Kamis 11/5/2022)

Selanjutnya: Dampak Limbah Tinja Pada Manusia

Happy
0 0 %
Sad
0 0 %
Excited
0 0 %
Sleepy
0 0 %
Angry
0 0 %
Surprise
0 0 %
Continue Reading

Batam

TPA Pembuangan Limbah Cair BP Batam Telah Beroperasi

Published

on

By

0 0
Read Time:1 Minute, 15 Second

wajahbatam.id | Batam – Saat ini, instalasi Pengolahan Air Limbah Domestik (IPAL) di Batam telah dibangun di 2 lokasi Batam yaitu di daerah Bengkong Sadai dan Batam Centre sudah siap menampung limbah pembuangan. Sejak dibangun pertama kali tahun 2019 lalu, volume tinja yang telah masuk di dua wilayah sekitar 20.000 kubik per hari.

Pembangunan IPAL yang dibangun oleh BP Batam selain untuk mengolah tinja dan limbah cair yang timbul secara alami dari kegiatan alam dan proses kehidupan manusia, juga berfungsi untuk mengendalikan air hujan.

Call Center 0811 7700 036

Tempat pembuangan tinja dibangun untuk upaya melindungi kesehatan lingkungan telah memenuhi sanitasi dasar bagi setiap keluarga. Pembuangan kotoran yang baik harus dibuang ke tempat penampungan kotoran. Bangunan yang digunakan untuk membuang dan mengumpulkan kotoran itu tersimpan dalam satu tempat tertentu dan tidak menjadi sarang penyakit seperti penyakit saluran pencernaan (enteric) dan kontaminasi zat racun, penyakit infeksi dari virus seperti hepatitis infektiosa, dan penyakit infeksi cacing seperti schitosomiasis, ascariasis, dan ankilostosomiasis.

Pembuangan tinja manusia yang tidak dikelola secara baik akan berdampak buruk bagi manusia dan lingkungan dimana air limbah tinja dapat merusak lingkungan dan kesehatan bagi manusia. Air limbah tinja yang di buang ke dalam lingkungan (tanah dan badan air)secara tidak benar dapat menimbulkan masalah vektor. Lingkungan seperti selokan dilingkungan perumahan masyarakat akan menjadi tempat berkembang biak nya nyamuk, lalat, tikus dan binatang-binatang menjijikkan lainnya seperti kecoa, karena tempat-tempat tersebut merupakan tempat untuk mendapatkan sumber makanan.

Baca selanjutnya

 

Happy
0 0 %
Sad
0 0 %
Excited
0 0 %
Sleepy
0 0 %
Angry
0 0 %
Surprise
0 0 %
Continue Reading

Trending