Ada Apa dengan Pengadilan Negeri Batam ?

0 0
Read Time:1 Minute, 31 Second

WAJAHBATAM.ID – Batam | Cak Ta’in Komari, Ketua LSM Kelompok Diskusi Anti 86 (Kodat86) mempertanyakan terganggunya pendaftaran Gugatan Class Action atas Dugaan Perbuatan Melawan Hukum oleh PT. Pelayanan Listrik Nasional (PLN) Bright Batam ke Pengadilan Negeri Batam.

“Ada apa dengan Pengadilan Negeri Batam ini? Kami sudah 3 kali registrasi, tapi giliran mau bayar menyelesaikan administrasi tidak bisa dilakukan, ” kata Cak Ta’in.

Menurut Cak Ta’in, dirinya sudah bolak-balik mondar-mandir Bank BTN dan Pengadilan bahkan sempat ke Bank Mandiri, termasuk keluar masuk ATM. ” ada yang tidak betul dengan kondisi tersebut, ” ujarnya.

Lebih lanjut Cak Ta’in menjelaskan, pihak nya tidak percaya kalau jaringan Pengadilan dan MA bermasalah dibiarkan berhari-hari. ” MA itu lembaga Tinggi Negara, tidak mungkin kalaupun terjadi gangguan jaringan dibiarkan berhari-hari. Mereka pasti punya ahli IT yang hebat dan anggaran yang besar, kok bisa bermasalah dalam waktu lama. Itu tidak masuk akal, ” jelas Cak Ta’in.

Ditambahkan Cak Ta’in, pihaknya pernah melakukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi RI soal UU No.44 Tahun 2007 untuk membubarkan BP Batam. Tidak ada masalah pendaftaran bahkan sempat sidang beberapa kali, meski dipatahkan sebelum sidang membahas pokok masalah gugatan. “Syukurnya Ketua MK Akil Mochtar ditangkap KPK seminggu setelah memutuskan Gugatan saya tidak diterima,” papar Cak Ta’in.

Pihaknya juga pernah menggugat ke MA soal PP No.62 Tahun 2019 tentang ex-officio kepala BP Batam oleh Walikota Batam bulan Oktober 2019 lalu. Tidak ada masalah pada pendaftaran, meski sampai hari ini belum diketahui hasil putusannya.

“Ini hanya urusan di Pengadilan Negeri saja kok kayaknya ribet. Sepertinya ada sesuatu yang tersembunyi ni, ” tambahnya.

Untuk itu, Cak Ta’in menegaskan pihaknya tidak akan tinggal diam. Pihaknya akan melakukan laporan kondisi tersebut ke Ketua MA, Bawah MA, Komisi Yudisial, dan Ombudsman RI. ” kita tetap akan berjuang, ini tak jelas SOP di pengadilan, bahkan kalau perlu turun demo teman-teman sudah menyatakan siap, ” tegasnya. (Don)

Happy
0 0 %
Sad
0 0 %
Excited
0 0 %
Sleepy
0 0 %
Angry
0 0 %
Surprise
0 0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *