Connect with us

Batam

Dendi Gustinandar, Pemimpin Masa Depan

Published

on

0 0
Read Time:3 Minute, 35 Second

WAJAHBATAM.ID – Batam | Dendi Gustinandar, seorang Kepala Biro Humas Promosi dan Protokol di Badan Pengusahaan Batau (BP Batam) tahun 2020. Pria kelahiran Manado 47 tahun silam ini merupakan putra pertama dari pasangan Ayah Lukharni yang berasal dari Pariaman Sumatera Barat dan Ibu Elmi berasal dari Pemalang Jawa Tengah. Sang ayah pernah mengabdi sebagai Jaksa Tinggi di Sumatera Selatan sekitar tahun 1998-2000. Darah pemimpin inilah yang menurun kepada beliau sehingga bisa melakoni profesi saat ini dengan sangat cakap dan menjadikan dirinya sebagai sosok pimpinan dibidangnya yang dapat menjadi partner kerja bawahannya.

Dendi muda mendapatkan gelar sarjana dari Fakultas Ekonomi, Universitas Airlangga. Ia adalah sosok yang pintar, humoris dan sangat menyukai ilmu sosial, marketing, keuangan dan kemasyarakatan. Terlihat jelas dari sikap kesehariannya yang suka bergaul, supel dan penuh dengan senyum yang humoris, sehingga bagi yang baru kenal akan merasakan seolah merasa dekat dan cepat akrab dengan dirinya.

Dendi juga merupakan seorang yang tekun dan tak pernah berhenti belajar. Dia berprinsip bahwa semua orang itu pada dasarnya baik dan sederajat. Semua kalangan baik dari anak-anak, pelajar, orang tua, pejabat hingga profesional selalu dijadikan sahabat dan menjadikannya sebagai guru dalam ilmu kemasyarakatan.

Pencinta organisasi kemasyarakatan ini banyak berbaur dan menjadi pengurus dalam berbagai organisasi, saat ini Dendi menjabat Ketua ICMI Batam, Pengurus ISEI Batam, pernah aktif di KNPI Batam dan Kepri bahkan sebagai Pengurus Pramuka dan Tarung Drajat.

Sosok ayah yang humoris yang demokratis ini memiliki sikap yang tegas namun lemah lembut. Hal ini tercermin dari anak-anak dan keluarga kecilnya yang sangat mencintai dunia seni yang terlahir dari seorang istri cantik berdarah Padang-Betawi yang dimasa mudanya menghabiskan waktu berkarir sebagai seorang koreografer dan penari profesional. Wanita beruntung itu hingga saat ini terus menapakkan karirnya sebagai instruktur Line Dance Internasional, jadi tidak heran jika kedua pasangan ini melahirkan putra putri yang memiliki darah seni yang cukup kuat. Si Sulung saat ini berkarir sebagai penyanyi dan penari profesional sementara si Bungsu juga berkarir berdasarkan darah seni yang diturunkan ayahnya dengan menguasai berbagai alat musik.

Disamping itu, figur pemimpin ini sangat menyukai dunia pendidikan. Dendi acap kali bergelut dengan para mahasiswa, remaja mesjid hingga kalangan politik dan profesional dalam bertukar fikiran.

Hal menarik yang dikutip dari pengalamannya hingga menjadi salah satu pejabat di BP Batam adalah saat dia melarang seorang pejabat yang parkir ditempat yang telah diberi rambu dilarang parkir. Saat itu dia turun langsung menertibkan parkir di Bandara Hang Nadim Batam (2012). Kejadian tersebut sempat menjadikan dirinya mendapat perlakuan kasar dengan bentakan dan makian oleh salah satu pejabat karena melarangnya parkir ditempat yang sudah diberi rambu dilarang parkir.

Disamping prestasi kerjanya saat ini, banyak pengalaman internasional yang dilaluinya, Dendi pernah jadi pembicara di Singapura dalam sebuah seminar internasional, pernah juga dipercaya sebagai pendamping dan moderator yang bertugas mempersentasikan pembangunan Kota Batam di depan mantan Presiden indonesia BJ Habibie.

Kepiawaian sosok humanis ini menjadikan dirinya sering mendapat kesempatan mempersentasikan dan mempromosikan Kota Batam ke kancah Nasional maupun dunia internasional dalam event-event resmi atau terbatas.

Dalam kesibukan tugasnya sebagai Kepala Biro Humas Promosi dan Protokol BP Batam, Dendi juga memiliki segudang kegiatan sosial, olehraga, hingga kegiatan-kegiatan masyarakat lainnya. Itu dapat dilihat dari berbagai tampilan dan postingan di akun media sosialnya seperti Facebook, IG dan Twitter.

Dendi adalah contoh tokoh muda yang energik dan memiliki dedikasi tinggi dan sangat mencintai pekerjaannya dalam membangun Kota Batam.

Dalam pandangan dan disiplin ilmu yang diraihnya dari bangku kuliah dulu, Dendi memandang bahwa Pulau Batam adalah daerah yang memiliki potensi sejajar dengan Hongkong, Dubai dan Singapura, dia sangat yakin itu dapat terwujud jika semua lini dapat bekerjasama dan bersatu untuk mewujudkannya.

Meski Dendi bukanlah celebritis terkenal, namun karir dan dedikasi kerjanya untuk membangun Kota Batam tidak bisa dipandang sebelah mata. untuk saat ini riak-riak tentang BP Batam mulai tenang dan kondusif, mungkin ini adalah salah satu bagian terkecil dari pelaksanaan tugas yang berhasil diembannya, dan itu tak terlepas dari karakter bermasyarakat dan pengabdiannya yang sudah 20 tahun untuk Kota Batam menjadi nilai yang dipandang cukup pantas untuk dihargai. (Aji)

Profile:
*Nama: Dedi Gustinandar
*Jabatan: Dir.Humas dan Promosi BP Batam
*Perjalanan Karir di BP Batam:
2001 staf Bagian Pemasaran Otorita Batam
2006 Kasubag Humas Otorita Batam
2012 Kabid Komersil Bandara Hang Nadim
2016 GM Marketing Bandara Hang Nadim
2018 Direktur Pemanfaatan Aset
2019 Direktur Promosi dan Humas
2020 Kepala Biro Humas Promosi dan Protokol

Happy
0 0 %
Sad
0 0 %
Excited
0 0 %
Sleepy
0 0 %
Angry
0 0 %
Surprise
0 0 %

Batam

Siswa/i SMKN 004 Batam Kunjungi Kantor IPAL Batam Centre

Published

on

By

0 0
Read Time:29 Second

WAJAHBATAM.CO.IDFaslingbpbatam – Siswa/i SMKN 004 Batam melakukan kunjungan edukasi tentang pengelolaan Limbah Domestik di Kantor IPAL Batam Centre, Selasa (24/05/2022).

Kehadiran para Siswa/i ini dalam rangka mempelajari proses pengolahan Limbah Domestik, dan Siswa/i juga diberikan edukasi tentang pentingnya mencegah pencemaran Limbah Domestik di lingkungan sekitar agar lingkungan dimasa depan tetap terjaga dengan baik dan sehat.

Dalam kunjungan ini, para siswa disambut dan dilayani dengan ramah oleh para staff kantor IPAL, terlihat staff yang hadir dan memberi arahan diantaranya Jono, David dan Leo.

#bpbatam
#bpbatamsiapmelayani#ipalbatam#WWTP#smkbisa#smkbisasmkhebat#batam#indonesia

Happy
0 0 %
Sad
0 0 %
Excited
0 0 %
Sleepy
0 0 %
Angry
0 0 %
Surprise
0 0 %
Continue Reading

Batam

Pembangunan IPAL BP Batam Atasi Air Tanah Bersih Dari Limbah Air Tinja

Published

on

By

0 0
Read Time:1 Minute, 16 Second

Wajahbatam.id | Batam – Pembangunan Instalasi Pengolagan Air Limbah Domestik (IPAL) oleh BP Batam yang saat ini sudah rampung di 2 wilayah Bengkong dan Batam Centre bertujuan untuk menyelamatkan generasi Kota Batam dari pencemaran lingkungan khususnya air tanah yang sangat dibutuhkan untuk sumber kehidupan berkelanjutan.

Air limbah cair yang berasal dari hasil pembuangan manusia (tinja) merupakan limbah yang dapat dianggap berbahaya untuk kelestarian sumber air yang akan dimanfaatkan manusia dan hewan sebagai kebutuhan dasar untuk kelangsungan hidup jangka panjang.

Air yang tercemar tinja manusia bisa memicu 2 jenis penyakit, yakni water borne disease yang dipicu oleh air yang diminum seperti diare, kolera dan disentri. Sedangkan water washed disease yang dipicu oleh air untuk mandi dan mencuci pakaian , seperti terjadinya infeksi kulit.

Dampak air limbah tinja terhadap kehidupan biota dan tumbuhan juga sangat berpengaruh karena memiliki kandungan zat pencemar pada limbah tinja yang dapat menyebabkan menurunnya kadar oksigen terlarut dalam air yang mengakibatkan kehidupan dalam air yang membutuhkan oksigen terganggu serta mengurangi perkembangannya, dannl lebih fatalnya lagi dapat mengakibatkan kematian karena adanya zat beracun dalam dapat tinja sebagai penyebab kerusakan pada tanaman dan tumbuhan air. Hal itu dapat mengakibatkan matinya bakteri, sehingga proses penjernihan air secara alamiah jadi terhambat.

“Dalam mengantisipasi hal tersebut, BP Batam telah berusaha semaksimalnya melakukan antisipasi untuk jangka panjang, hingga saat ini telah berhasil membangun 2 Instalasi Pengolahan Air Limbah dari 7 instalasi yang direncanakan untuk seluruh Kota Batam”, demikian keterangan Iyus Rusmana yang disampaikan kepada Wajah Batam saat dijumpai di seputaran Batam Centre. (Kamis 11/5/2022)

Selanjutnya: Dampak Limbah Tinja Pada Manusia

Happy
0 0 %
Sad
0 0 %
Excited
0 0 %
Sleepy
0 0 %
Angry
0 0 %
Surprise
0 0 %
Continue Reading

Batam

TPA Pembuangan Limbah Cair BP Batam Telah Beroperasi

Published

on

By

0 0
Read Time:1 Minute, 15 Second

wajahbatam.id | Batam – Saat ini, instalasi Pengolahan Air Limbah Domestik (IPAL) di Batam telah dibangun di 2 lokasi Batam yaitu di daerah Bengkong Sadai dan Batam Centre sudah siap menampung limbah pembuangan. Sejak dibangun pertama kali tahun 2019 lalu, volume tinja yang telah masuk di dua wilayah sekitar 20.000 kubik per hari.

Pembangunan IPAL yang dibangun oleh BP Batam selain untuk mengolah tinja dan limbah cair yang timbul secara alami dari kegiatan alam dan proses kehidupan manusia, juga berfungsi untuk mengendalikan air hujan.

Call Center 0811 7700 036

Tempat pembuangan tinja dibangun untuk upaya melindungi kesehatan lingkungan telah memenuhi sanitasi dasar bagi setiap keluarga. Pembuangan kotoran yang baik harus dibuang ke tempat penampungan kotoran. Bangunan yang digunakan untuk membuang dan mengumpulkan kotoran itu tersimpan dalam satu tempat tertentu dan tidak menjadi sarang penyakit seperti penyakit saluran pencernaan (enteric) dan kontaminasi zat racun, penyakit infeksi dari virus seperti hepatitis infektiosa, dan penyakit infeksi cacing seperti schitosomiasis, ascariasis, dan ankilostosomiasis.

Pembuangan tinja manusia yang tidak dikelola secara baik akan berdampak buruk bagi manusia dan lingkungan dimana air limbah tinja dapat merusak lingkungan dan kesehatan bagi manusia. Air limbah tinja yang di buang ke dalam lingkungan (tanah dan badan air)secara tidak benar dapat menimbulkan masalah vektor. Lingkungan seperti selokan dilingkungan perumahan masyarakat akan menjadi tempat berkembang biak nya nyamuk, lalat, tikus dan binatang-binatang menjijikkan lainnya seperti kecoa, karena tempat-tempat tersebut merupakan tempat untuk mendapatkan sumber makanan.

Baca selanjutnya

 

Happy
0 0 %
Sad
0 0 %
Excited
0 0 %
Sleepy
0 0 %
Angry
0 0 %
Surprise
0 0 %
Continue Reading

Trending