Connect with us

Batam

BP Batam Terus Jaga Kinerja di Masa Pandemi

Published

on

0 0
Read Time:2 Minute, 49 Second

 

Wakil Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam, Purwiyanto, mengatakan bahwa kinerja BP Batam terus dijaga performanya selama masa pandemi.

Ia juga mengungkapkan, BP Batam terus berupaya melakukan inovasi dan terobosan agar pelayanan kepada investor dan masyarakat terus berjalan kondusif.

Hal itu dikatakan oleh Wakil Kepala BP Batam dalam dialog interaktif dengan tema “Main ke GBK atau Terbang ke Batam”, Selasa (16/11/2021), di Jakarta, yang merupakan rangkaian dari kegiatan BLU Expo 2021 yang digelar oleh Kementerian Keuangan RI.

Pada kesempatan tersebut, Wakil Kepala BP Batam, Purwiyanto, mengatakan, tugas dan fungsi (tusi) utama BP Batam adalah mengelola kawasan ekonomi strategis Batam untuk menjadi wilayah berdaya saing tinggi untuk tujuan investasi.

Untuk mendukung pengembangan Batam di dalamnya terdapat berbagai insentif, baik fiskal maupun nonfiskal.

“Tusi keduanya adalah mengelola aset untuk menghasilkan PNBP guna mendanai tusi pertama, yaitu pengelolaan bandara, pelabuhan, pertanahan, rumah sakit, dan asset lainnya antara lain gedung, pemukiman, destinasi wisata, agribisnis,” ujar Purwiyanto.

Ia mengungkapkan, pendapatan BP Batam hampir sama selama masa menggeliat dan masa tidur saat krisis akibat pandemi.

“PNBP BP Batam diperoleh dari berbagi sumber, yang paling besar kalau investor tetap mendapat alokasi lahan yang sifatnya sewa atau pembayaran Uang Wajib Tahunan (UWT), sehingga tidak terlalu terpengaruh,” kata Purwiyanto yang tampil bersama Direktur Utama Pusat Pengelolaan Kawasan Gelora Bung Karno (PPK GBK), Rakhmadi Afif Kusumo, pada acara talkshow tersebut.

Lebih lanjut, ia menambahkan, seperti daerah lainnya, yang terpengaruh besar di Batam saat pandemi adalah sektor pariwisata.

“Pelayanan BP Batam di pelabuhan penumpang 0 (nol) dan berpengaruh berpengaruh besar, akan tetapi dari pelabuhan atau terminal barang cukup stabil, karena saat pandemi negara lain banyak yang produksinya dirakit ke Batam. Ditambah lagi, pada 2020 ada peralihan pengelolaan SPAM, sehingga PNBP terdongkrak karena dikelola sendiri,” kata Purwiyanto.

BLU Expo 2021 merupakan upaya untuk mendorong akselerasi peran Badan Layana Umum (BLU) terhadap pertumbuhan ekonomi yang digagas oleh Kementerian Keuangan RI selaku Pembina Keuangan BLU.

Dalam kegiatan BLU Expo 2021, BP Batam juga turut berpartisipasi menjadi peserta pameran yang digelar secara virtual tersebut.

Direktur PPK BLU, Ari Wahyuni, menyampaikan bahwa dengan jumlah BLU yang semakin banyak, yakni 252 BLU, maka total aset yang dikelola juga semakin besar. “Seperti disampaikan Rp 888 Triliun itu ternyata belum banyak dikenal oleh masyarakat. Mereka tahu layanan-layanan yang ada, tetapi mereka tidak tahu bahwa itu BLU. BLU sebagai alatnya pemerintah untuk bisa bergerak lebih cepat layaknya bisnis,” ujar Ari wahyuni.

“Oleh karena itu, kita sengaja membuat acara yang mempertemukan BLU-BLU di seluruh Indonesia dalam suatu Expo,” kata Ari Wahyuni.

Wakil Kepala BP Batam menyambut baik perhelatan tersebut. Ia mengatakan, BLU Expo 2021 merupakan suatu momen yang luar biasa dan perdana. “Kegiatan ini nantinya semacam uji coba untuk sarana promosi produk dan layanan BLU kepada masyarakat. Harapan ke depannya, pengembangan aset BP Batam, berupa bandara, pelabuhan, rumah sakit untuk kerja sama sesama BLU tidak perlu lelang,” harap Purwiyanto.

Kegiatan yang dilaksanakan secara virtual selama 3 hari mulai dari tanggal 16-18 November 2021 dengan kegiatan utama di antaranya virtual booth layanan BLU, penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dalam rangka peningkatan layanan BLU, serta webinar atau talkshow dengan topik-topik tertentu terkait BLU yang bisa disimak melalui platform zoom dan portal web e-blu.id. (cm)

Batam, 17 November 2021

Kepala Biro Humas Promosi dan Protokol
Badan Pengusahaan Batam
Ariastuty Sirait

Website: www.bpbatam.go.id
Email: humas@bpbatam.go.id
Twitter: @bp_batam
Facebook: BIFZA
Instagram: BPBatam
Youtube: BPBatam

Happy
0 0 %
Sad
0 0 %
Excited
0 0 %
Sleepy
0 0 %
Angry
0 0 %
Surprise
0 0 %

Batam

Pembangunan IPAL BP Batam Atasi Air Tanah Bersih Dari Limbah Air Tinja

Published

on

By

0 0
Read Time:1 Minute, 16 Second

Wajahbatam.id | Batam – Pembangunan Instalasi Pengolagan Air Limbah Domestik (IPAL) oleh BP Batam yang saat ini sudah rampung di 2 wilayah Bengkong dan Batam Centre bertujuan untuk menyelamatkan generasi Kota Batam dari pencemaran lingkungan khususnya air tanah yang sangat dibutuhkan untuk sumber kehidupan berkelanjutan.

Air limbah cair yang berasal dari hasil pembuangan manusia (tinja) merupakan limbah yang dapat dianggap berbahaya untuk kelestarian sumber air yang akan dimanfaatkan manusia dan hewan sebagai kebutuhan dasar untuk kelangsungan hidup jangka panjang.

Air yang tercemar tinja manusia bisa memicu 2 jenis penyakit, yakni water borne disease yang dipicu oleh air yang diminum seperti diare, kolera dan disentri. Sedangkan water washed disease yang dipicu oleh air untuk mandi dan mencuci pakaian , seperti terjadinya infeksi kulit.

Dampak air limbah tinja terhadap kehidupan biota dan tumbuhan juga sangat berpengaruh karena memiliki kandungan zat pencemar pada limbah tinja yang dapat menyebabkan menurunnya kadar oksigen terlarut dalam air yang mengakibatkan kehidupan dalam air yang membutuhkan oksigen terganggu serta mengurangi perkembangannya, dannl lebih fatalnya lagi dapat mengakibatkan kematian karena adanya zat beracun dalam dapat tinja sebagai penyebab kerusakan pada tanaman dan tumbuhan air. Hal itu dapat mengakibatkan matinya bakteri, sehingga proses penjernihan air secara alamiah jadi terhambat.

“Dalam mengantisipasi hal tersebut, BP Batam telah berusaha semaksimalnya melakukan antisipasi untuk jangka panjang, hingga saat ini telah berhasil membangun 2 Instalasi Pengolahan Air Limbah dari 7 instalasi yang direncanakan untuk seluruh Kota Batam”, demikian keterangan Iyus Rusmana yang disampaikan kepada Wajah Batam saat dijumpai di seputaran Batam Centre. (Kamis 11/5/2022)

Selanjutnya: Dampak Limbah Tinja Pada Manusia

Happy
0 0 %
Sad
0 0 %
Excited
0 0 %
Sleepy
0 0 %
Angry
0 0 %
Surprise
0 0 %
Continue Reading

Batam

TPA Pembuangan Limbah Cair BP Batam Telah Beroperasi

Published

on

By

0 0
Read Time:1 Minute, 15 Second

wajahbatam.id | Batam – Saat ini, instalasi Pengolahan Air Limbah Domestik (IPAL) di Batam telah dibangun di 2 lokasi Batam yaitu di daerah Bengkong Sadai dan Batam Centre sudah siap menampung limbah pembuangan. Sejak dibangun pertama kali tahun 2019 lalu, volume tinja yang telah masuk di dua wilayah sekitar 20.000 kubik per hari.

Pembangunan IPAL yang dibangun oleh BP Batam selain untuk mengolah tinja dan limbah cair yang timbul secara alami dari kegiatan alam dan proses kehidupan manusia, juga berfungsi untuk mengendalikan air hujan.

Call Center 0811 7700 036

Tempat pembuangan tinja dibangun untuk upaya melindungi kesehatan lingkungan telah memenuhi sanitasi dasar bagi setiap keluarga. Pembuangan kotoran yang baik harus dibuang ke tempat penampungan kotoran. Bangunan yang digunakan untuk membuang dan mengumpulkan kotoran itu tersimpan dalam satu tempat tertentu dan tidak menjadi sarang penyakit seperti penyakit saluran pencernaan (enteric) dan kontaminasi zat racun, penyakit infeksi dari virus seperti hepatitis infektiosa, dan penyakit infeksi cacing seperti schitosomiasis, ascariasis, dan ankilostosomiasis.

Pembuangan tinja manusia yang tidak dikelola secara baik akan berdampak buruk bagi manusia dan lingkungan dimana air limbah tinja dapat merusak lingkungan dan kesehatan bagi manusia. Air limbah tinja yang di buang ke dalam lingkungan (tanah dan badan air)secara tidak benar dapat menimbulkan masalah vektor. Lingkungan seperti selokan dilingkungan perumahan masyarakat akan menjadi tempat berkembang biak nya nyamuk, lalat, tikus dan binatang-binatang menjijikkan lainnya seperti kecoa, karena tempat-tempat tersebut merupakan tempat untuk mendapatkan sumber makanan.

Baca selanjutnya

 

Happy
0 0 %
Sad
0 0 %
Excited
0 0 %
Sleepy
0 0 %
Angry
0 0 %
Surprise
0 0 %
Continue Reading

Batam

19 Orang Satpam Bank BNI 46 KCU Batam di SP3 kan dan Dikembalikan Ke Vendor

Published

on

By

0 0
Read Time:2 Minute, 12 Second

WAJAHBATAM.ID | BATAM – Bermula Dari WA yang di kirim oleh Admin Pesat Gatra 93 ‘pada tanggal 27/2/2022 pagi sekitar jam 10 an kepada 19 orang security Bank BNI KCU Batam . Untuk dan diharap kehadiran nya pada tanggal 28/2/2022 pukul 8.30.

Pada hari yang di tentukan sebanyak 18 orang berkumpul di depan kantor Pesat Gatra 93 di bilangan Tiban (Ruko Hafindo Square Blok E no 7 Tiban. Di sana mereka di jelaskan bahwa kontrak mereka sudah habis dan akan berhenti kerja pada bulan maret.

Di ceritakan oleh Efrianto Zaluhu . Mengenai masalah kontrak dengan Bank BNI Kampung Utama dimulai oleh Vendor PT Delta Bumi Perkasa. Setelah kontrak PT Delta Bumi Perkasa dengan BNI berakhir tahun 2019 bulan 3 akhir dan di sambung oleh Pesat Gatra 93.

” Pada 1 April tahun 2019. Kami menandatangani kontrak. Berlaku 1 tahun masa kerja dan berakhir 31 April 2020, Setelah itu mereka tidak ada melakukan pembaharuan kontrak kerja lagi sampai berakhir kami bekerja 28 February 2022  . Apa tidak aneh itu ” tutur Efrianto Zaluhu berapi api.

Masih menurut Efrianto Zaluhu, Katanya ada pengurangan 14 orang , Keputusan berasal dari wilayah 02. Ketika ditanya dari mana mereka dapat info . mereka menjawab dari bapak Reza bagian umum (bank BNI*red). Setelah keputusan sampai di Batam , Pihak manajemen BNI menambah 5 orang menjadi 19 orang.

Saat di konfirmasi dengan pihak PT Pesat Gatra 93, Rival, bahwa 19 karyawannya adalah pekerja yang sudah habis masa kerja (kontrak) dengan pihak BNI.

“Coba baik nya langsung tanya saja ke bagian umum BNI”, kata Rival melalui pesan WhatsApp, karena sedang rapat dan tidak bisa angkat telepon.

“Kalau kami selaku penyalur, anak-anak (karyawan) yang 19 orang itu habis kontrak sesuai tanggal mereka bekerja”, tutup Rival melalui Wa pribadi.

Tanggapan dari Kepala Cabang Utama Bank BNI ,Yahya Marwazi Saat di temui langsung awak media wajahbatam.id

” Status kepegawaian mereka adalah Pegawai Alih Daya (Outsourcing).Jadi yang terikat kontrak kerjasama dengan bank bni adalah vendor. Vendor menyediakan jasa tenaga kerja. Siapapun. Kita butuh 10 orang. ya 10 orang.” Ungkap Yahya Marwazi

“Jadi kami tidak memecat. Karena status kepegawaian nya. Bahwa nanti ada hak dan kewajiban , Kami akan keluarkan , Kami membayar nya bukan orang perorang . Tapi akan membayar melalui vendor. Vendor lah yang membagikan ke orang perorang.” Sambungnya.

Menurut kepala cabang . Mereka tidak memberhentikan . Tapi mengembalikan ke vendor. Sebetulnya tanpa SP pun kami bisa kembalikan . Jadi semua nya kembali ke vendor .

“Pengembalian ke vendor saja”, tekannya kembali yang diaminkan oleh Arif selaku koordinator umum bagian pengamanan BNI Kampung Utama Batam.

Kembali ke tenaga pengaman yang di berhentikan .

“Adapun keluhan dan tuntutan dari mereka adalah gaji, dispensasi, THR atau uang phk belum ada kejelasan”.

(Dnl)

Happy
0 0 %
Sad
0 0 %
Excited
0 0 %
Sleepy
0 0 %
Angry
0 0 %
Surprise
0 0 %
Continue Reading

Trending