Apa Itu Quick Count, Exit Poll & Real Count

0 0
Read Time:1 Minute, 14 Second

WAJAHBATAM.ID – 18/4/2019 | Masa pemilihan sudah berakhir, dan masyarakat tentunya menantikan hasilnya. Mengingat kali ini adalah Pemilu Serentak dan masyarakat mendapatkan lima kertas surat suara sekaligus, maka istilah quick cout, exit poll dan real count sangat populer setiap diselenggarakannya pemilu khususnya ditahun 2019 ini.

Untuk menjawab keingintahuan masyarakat soal hasil Pemilu 2019, beberapa lembaga survei pun melakukan quick count dan exit poll.

Namun, masyarakat umum masih banyak yang belum mengetahui perbedaan quick count, exit poll, dan real count.

Apakah perbedaannya?

Quick Count

Quick count adalah proses pengambilan data sample dengan menghitung persentase hasil Pemilu di tempat pemungutan suara (TPS) yang dijadikan sampel.

Quick count memberikan gambaran dan akurasi yang lebih tinggi, karena hitung cepat menghitung hasil pemilu langsung dari TPS target, bukan berdasarkan persepsi atau pengakuan responden.

Hitung cepat biasanya menerapkan teknik sampling probabilitas sehingga hasilnya jauh lebih akurat dan dapat mencerminkan populasi secara tepat.

Exit Poll

Exit Poll adalah survei yang dilakukan setelah pemilih meninggalkan tempat dengan menanyakan langsung kepada pemilih terhadap siapa calon yang ia pilih pada TPS tertentu.

Hasil exit poll sendiri selalu keluar sebelum hasil resmi keluar. Dan ini biasanya memiliki “margin eror”. Hasil exit poll tidak secepat quick count.

Real Count

Real count adalah pengumpulan data dari seluruh pemilih atau TPS.
Hasil dari real count hasilnya tidak secepat quick count dan exit poll, biasanya memerlukan waktu sampai berhari-hari. Data yang dihitung adalah angka resmi dari tiap TPS, bukan berdasarkan sampel. (shd)

Sumber: liputan6

Happy
0 0 %
Sad
0 0 %
Excited
0 0 %
Sleepy
0 0 %
Angry
0 0 %
Surprise
0 0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *